TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA

A. CARA MASYARAKAT MASA PRASEJARAH MEWARISKAN MASA LALUNYA
Pengalaman masa lampau oleh para sejarawan telahdibedakandengan berbagai cara.bagian tertua dari sejarah disebut masa pra-aksara atau masa sebelum bias membaca dan menulis.masa pra-aksara sering disebut pula masa prasejarah atau pre-history.setelah manusia mengenal tulisan,maka berakhirlah masa pra-aksara ini dan berubah menjadi masa aksara atau masa sejarah.

PENGALAMAN MASA LALU BAGI MASYARAKAT PRASEJARAH
Bersifat magis,menurut masyarakat yg belum mengenal tulisan,ada kekuatan magis dan relegius yg menjadi actor tertentu perubahan dalam kehidupan.dalam keadaan itu,manusia hanya dapat bersikap pasrah.ada kalanya manusia hanya dapat menyadari bahwa perubahan itu terjadi Karenna ulah mereka yg dikutuk oleh dewa.

TRADISI LISAN
Selain sapek kesejarahan,adat istiadat,cerita-cerita khayal,pribahasa,nyanyian dan mantra.
Cirri-ciri tradisi lisan,antara lain sebagai berikut.
1. Pesan-pesan yang disampaikan secara lisan,baik melalui ucapan,nyanyian,maupun musik.
2. Tradisi lisan berasal dari generalisasi sebelum generalisasi sekarang(paling sedikit satu generasi sebelumnya). Hal itu merupakan fungsi pewarisan pada tradisi lisan.


B.TRADISI MASYARAKAT PRASEJARAH
Unsur-unsur tradisi tersebut berupa system kepercayaan masyarakat,system mata pencharian,system kemasyarakatan,system budaya dan seni,sastra system pengetahuan.

SISTEM KEPERCAYAAN MASYARAKAT
Sistem kepercayaan ini berpusat pada pemujaan roh nenek moyang yg diyakini hidup dan dapat mempengaruhi kehidupan mereka
Kepercayaan ini terus berkembang dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat.dari system kepercayaan seperti ini,muncul peran dukun atau shaman.

SISTEM MATA PENCHARIAN
Masyarakat prasejarah juga mengenal pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin dan umur.dan menyimpanya di dalam lumung.kaum perempuan juga mempunyai tugas mengurus anak dan pekerjaan rumah tangga lainya.anak-anak kadang diperbtukan untuk pekerjaan tugas-tugas ringan.

SISTEM KEMASYARAKATAN
Proses perubahan tata kehidupan terus berlangsung secara perlahan-lahan.pada masa selanjutnya,secara perlahan tumbuh antar keluarga dan antar kelompok.selanjutnya,pada masa perundingan.tata kemasyarakatan semakin teratur.dalam masa ini,ada rasa kesetia kawanan yg kuat dibarengi dengan munculnya golongan-golongan masyarakat.seperti golongan pemimpin agama dan golongan petani.

SISTEM BUDAYA DAN SENI
Peninggalan megalitikum pada zaman prasejarah menunjukan gaya statis dan dinamis.seni ukir yg diterapkan pada benda-benda megalitikum dan seni hias pada benda-benda perunggu mengembangkan penggunaan pola-pola geometris sebagai pola hias utama.

SISTEM PENGETAHUAN
Selama zaman holosen,industry alat batu menjadi lebih berfariasi dan setelah 2.500 SM berbagai jenis benda batu yg telah di asah halus.di masa ini,manusia telah menemukan cara pembuatan api dan proses pembuatan alat-alat dari batu.
Pada bidang astronomi,pengetahuan masyarakat prasejarah terhadap letak bintang,arah angin,dan musimtelah membantu mereka untuk berlayar dan bercocok tanam.

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Poskan Komentar

Next Prev home
Untuk Mendapatkan Versi Mobile Blog Ini
Silahkan klik disini

Silahkan Masuk Ke
DAFTAR ISI
Untuk Melihat Secara Lengkap
Materi-Materi Di Blog Ini

Buku Tamu

Join With Us

My Banner

Photobucket
Exit Jangan Lupa Klik Like Ya