PENGKEMBANGAN PENULISAN SEJARAH DI INDONESIA

Terjadi di seluruh belahan bumi.di asia sendiri, tradisi penulisan sejarah sudah lama berkembang.di Indonesia,penulisan sejarah sudah berlangsung cukup lama dalam buku pelurusan sejarah Indonesia karangan Asvi Warman Adam,dikatakan bahwa historiografi Indonesia atau penulisan sejarah Indonesia berkembang dari masa ke masa.


Ada tiga fase historiografi Indonesia yaitu,
- Fase historiografi tradisional
- Fase historiografi colonial
- Fase histiorografi nasional

Fase kedua adalah fase historiografi colonial. Pada masa colonial, penulisan peristiwa sejarah lebih bertujuan untuk memperkokoh kekuasaan merekan di Indonesia.
 
Fase ketiga adalah fase historiografi nasional. Pada masa kemerdekaan, penulisan sejarah bertujuan agar perjalanan sejarah bangsa menuju kemerdekaan benar-benar dapat dipahami.


Sejak proklamasi kemerdekaan,historiografi nasional terbagi atas tiga tahap atau gelombang. Pertama, gelombang dekolonisasi sejarah dengan menggantikan model pendekatan nederlando-sentris dengan pendekatan Indonesia-sentris. Kedua, gelombang pendekatan ilmu social dalam sejarah yang dipelopori oleh Sartono Kartodirdjo. Ketiga, gelombang reformasi sejarah, berupa pelurusan terhadap hal-hal yang controversial dalam sejarah yang di tulis semasa Soeharto berkuasa.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

blog yang sangat bagus..

Diky Godeg mengatakan...

Ada sumbernya gan?

Diky Godeg mengatakan...

Ada sumbernya gan?


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

Next Prev home
Untuk Mendapatkan Versi Mobile Blog Ini
Silahkan klik disini