KEGUNAAN SEJARAH

Melalui sejarah,kita diajak untuk memahami,menghargai serta menghormati kebudayaan dan prestasi orang lain.mwlalui sejarah.manusia tidak hanya mengagumi sejarah bangsanya sendiri,tetapi jg sejarah bangsa lain.mempelajari sejarah berarti belajar memahami masa lalu,masa kini,dan masa depan.oleh Karenna itu,kegunaan sejarah dpt di lihat secara interinsik maupun ekstrinsik.

GUNA SEJARAH SECARA INTRINSIK
Secara intrinsic,sejarah berguna sebagai ilmu,sebagai cara mengetahui masa lampau,sebagai pernyataan pendapat,dan sebagai profesi. Sebagai ilmu,sejarah adalah ilmu yg terbuka atau berkembang baik dari sudut teori maupun metodenya.
Dengan mengetahui keadaan pada masa lampau,orang dapat mengambil dua sikap.pertama,orang akan melaestarikan masa lampau itu penuh makna.kedua,orang akan menolaknya Karenna menganggap peninggalan masa lampau tidak diperlukan lagi.
Sejarah juga berguna untuk menyatakan pendapat,pendatat yg dinyatrkan oleh para penulis sejarah umumnya ditunjukan untuk memberikan masukan bagi segenap elemen bangsa agar tidak lagi mengulangi kesalahan-kesalahan yg pernah terjadi sebelumnya.
Sejarah juga dapat berguna sebagai profesi.ada banyak profesi yg berkenaan dengan sejarah.diantaranya adalah guru sejarah,pegawai sejarah,peneliti sejarah,dan penulis.namun tidak jarang,jenis profesi lain,misalnya wartawan dan sastrawan juga mwmpunyai bakat dan kemampuan untuk menjadi peneliti dan penulis sejarah.

GUNA SEJARAH SEBAGAI EKSTRINSIK
Ecara eksterinsik,sejarah dapat memberikan sumbangan bagi berbagai aspek pendidikan di luar kepentingan keilmuansejarah.
dilihat melalui hubungan sebab akibat yg dikandung dalam setiap peristiwa sejarah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's Infonya Bray .. !!!

www.bisnistiket.co.id


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

Next Prev home
Untuk Mendapatkan Versi Mobile Blog Ini
Silahkan klik disini